Modal Membuka Usaha Bengkel Las Listrik




download.jpg
Widodo.web.id - Kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai prospek dari membuka usaha bengkel las dan bagaimana mempersiapkan pembukaan usaha ini dalam skala kecil menengah.
Meski usaha bengkel las bukan jenis usaha yang asing bagi Anda, bahkan bisa jadi tak jauh dari kediaman Anda juga berdiri sebuah usaha serupa, tetapi tak banyak memang yang mengulas mengenai usaha jenis ini dan bagaimana cara untuk membangun usahanya.
Perkembangan bisnis dari usaha bengkel las memang cukup pesat seiring dengan meningkatnya permintaan jasa las besi dan logam dewasa ini. Ada banyak hal yang melatari meningkatnya permintaan dari pasar jasa las dan inilah yang membuat usaha bengkel las terus hidup dan berkembang bahkan bisa menjadi sangat menjanjikan.


Jasa las pada dasarnya adalah jasa menyambung besi dan logam supaya lekat dengan proses pembakaran dan pemanasan. Ada banyak sekali produk yang membutuhkan proses pengelasan untuk dapat menghasilkan produk sempurna, kebanyakan memang terkait dengan konstruksi tetapi sebagian lain juga terkait dengan beberapa industri lain.
Sebut saja pembuatan rangka rumah, rangka atap, pagar, teralis dan kuda-kuda. Selain itu jasa las juga bisa membantu memperbaiki beberapa masalah domestik seperti perbaikan rangka sepeda dan motor, atau industri kecil pembuatan jemuran besi. Masih banyak lagi produk lain yang memanfaatkan jasa las ini untuk proses pembuatan dan finishingnya.
Peningkatan industri property bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya permintaan terhadap jasa las. Setidaknya untuk sebuah rumah saja, diperlukan setidaknya 3 – 4 bagian yang membutuhkan proses pengelasan dan ini bisa menjadi pasar yang prospektif bagi usaha bengkel las. Bayangkan dengan perkembangan perumahan belakangan ini dimana setidaknya 1 – 2 perumahan baru terus bermunculan tiap bulannya.
Tetapi dalam memulai usaha bengkel las, terutama las listrik Anda tidak bisa membukanya sembarangan tanpa perhitungan sebagaimana Anda membuka usaha kelontong. Anda perlu memahami medan dengan lebih baik termasuk dari sisi pemahaman teknis sampai pemahaman yang matang dalam pemasaran.
Percuma saja membuka usaha ini kalau Anda tidak bisa menemukan pasar strategis untuk mendapatkan konsumen. Tetapi lebih percuma lagi kalau Anda dan tim kerja Anda tidak sepenuhnya memahami cara melakukan proses pengelasan.
            Pasalnya pengelasan bisa menyangkut resiko nyawa. Bayangkan kalau Anda harus membuat rangka rumah dan proses pengelasan yang Anda lakukan tidak sempurna. Bisa jadi rumah yang nantinya dibangun akan mudah rubuh dan rapuh hanya karena rangka yang tidak sepenuhnya terekatkan dengan sempurna. Belum lagi resiko kecelakaan kerja yang bisa mengancam mengingat peralatan yang Anda gunakan juga relatif berbahaya.
            Apa saja yang perlu Anda siapkan dalam memulai usaha bengkel las listrik? Berikut ini beberapa panduannya untuk Anda.
    Permodalan
Harus diakui untuk memulai usaha bengkel las memang tidak sesederhana membuka toko kelontong. Modal awalnya tidak kecil mengingat sebagian peralatan menggunaan teknologi dan tergolong mahal. Modal yang Anda perlukan bisa berada pada kisaran di atas 50 juta untuk sebuah usaha kelas menengah. Adapun rinciannya bisa dalam estimasi sebagai berikut :

Previous
Next Post »
0 Komentar

BENGKEL LAS BERKAH JAYA. No Hp: 0823 2201 3234